Saturday, December 14, 2019

Jalan-jalan ke Penang 4D3N dengan Anak Kecil

Setelah anak gue yang ke 3 dan semoga yang terakhir lahir 🤣, Ezaz di Juli 2018, kegiatan traveling otomatis terpending semua dulu. Blog ini sebenernya blog lama gue dari jaman baru nikah di 2011. Karena Mak Rini males bikin baru lagi, mari berdayakan blog yang sudah ada ini ya buat referensi jalan-jalan bagi sesama ibu beranak banyak.  Hehehe.

Jalan-jalan ke Penang.  Kenapa ke Penang sih? Kayak orang mau berobat aja.  Pasti ada yang nyeletuk begitu. Karena itu juga yang ada di pikiran gue pertama kali pas si papi bilang ke Penang aja yuk.  Jadi alasannya adalah karena Penang itu masih wilayah asia tenggara yang ga jauh-jauh amat dari Jakarta, otomatis perjalanan di pesawatnya sedang ya waktunya, ga sebentar banget, ga lama banget.  Intinya cocoklah buat trial perdana pergi bawa 3 anak kecil.  Fyi, umur anak-anak gue, Elra (6th), Enzo (3th), Ezaz (1th).  Selain itu karena masih wilayah Malaysia, dari segi makanan dan iklim masih cingcai kan. Sedangkan kalo ke KL étau SG kan udah familiar banget, jadi harus destinasi yang gue sama papi emang belum pernah.

Perjalanan ke Penang ini kami ambil waktu yang ga terlalu lama juga, 16-19 Agustus 2019.  Berangkat pagi naik Batik, pulang sore naik Citilink. Semua tiket belinya di traveloka.com. Kira- kira  detail nya:

Flight Berangkat

Flight Pulang

Harga Tiket Berangkat

Harga Tiket Pulang

Untuk di Penang ini awalnya kita berencana untuk sewa mobil nyetir sendiri.  Karena jadwal transportasi umumnya setelah kita research kurang reliable.  Tapi karena papi ga sempet bikin SIM Internasional, jadi ya ga bisa dong sewa mobil nyetir sendiri.  Cara apply SIM Internasional ada disini https://www.google.com/amp/s/www.tripzilla.id/panduan-membuat-sim-internasional/12184/amp . Jadinya kami berimprovisasi.  Dari airport kami sewa grab car untuk ke hotel yang ada di batu ferringhi, terus dijalan kami ngobrol dengan driver grab nya, apa bisa mobil ini disewa selama kami disini.  Drivernya bilang bisa disewa dengan tarif 30 RM/jam sdh termasuk driver, tp belum biaya-biaya lainnya.  Itinerary nya bebas.  Dia cuma bantuin ngarahin aja tempat-tempatnya yang searah. Deal!  Fyi, mobilnya ini model proton yang MPV tapi bukan model baru.

Tips: Kenapa kami menginap di area batu ferringhi, soanya baca-baca review orang, area batu ferringhi itu cocok buat yang pergi sama family.  Ditambah lagi kami ketemu si Discovery Resort Double Tree by Hilton yang kayanya sreg.  Jadilah kami stay disana.

Menurut gue hotelnya sangat kids friendly dan cocok buat family stay, karena kamarnya luas, kolam renang untuk anak-anak juga menarik, plus ada area pantai sendiri di sebrangnya, yang nanti gue posting juga ya.

DAY 1

Untuk hari pertama, kita ke Entopia Butterfly Garden. Karena memang ini tempat yang merupakan highlight trip ke Penang.  Sebenernya ga ada ekspektasi apa-apa sebelumnya, karena di website nya pun kurang begitu lengkap.  Tapiiiiiii ternyata buibu kereeeeeeen banget.  Syuka sekali pokoknya.  Buat edukasi anak sangat interaktif dan menarik, terus buat orang dewasa, tamannya tuhhhhh cantik parah.  Bener-bener rapi layout nya, dan teratur gitu alur wisata edukasinya dari mulai tahap hidup kupu-kupu, perkembangbiakkannya, pluuuus kupu-kupu juga dilepas bebas di tamannya.  Jadi kami bisa lihat banyak kupu-kupu terbang bebas di taman.  Ada aromatic garden juga, yang wangiiiii banget.

Harga Tiket Masuk

Kakak Elra happy banget

Semua rapi petunjuknya

Taman kupu-kupu nya kece banget

Selain kupu-kupu juga banyak binatang lainnya

Kupu-kupu hinggap di potongan nanas

Setelah dari Entopia, kita ke Tropical Fruit Farm.  Ini sejenis kaya taman buah mekar sari, ada macem-macem tour nya.  Tour nya naik jeep gitu ke kebun-kebun.  Tapi berhubung anak-anak gue ga terlalu suka wisata buah begini, jadi kami ga ikut tour jeep nya.  Tapi tenang, udah Mak Rini fotoin kok, tour-tour yang ada apaan aja😊

Tips: kalo mau pesen jus di area food court lobby, siap-siap ya rasanya agak beda dengan rasa buah yang ada di Jakarta, walaupun misal buahnya sama.

Maps

Jenis-jenis tour nya

DAY 2

Setelah sarapan di hotel, kami berkunjung ke Teddy Ville Museum.  Museum ini kebetulan 1 area sama Doubletree Resort. Mayan lah ya hemat waktu.  Kakak Elra kan suka banget sama Teddy Bear, jadi pasti lah dia yang paling excited.  Tapi abang enzo yang orangnya laki banget, baru 5 menit juga udah minta keluar.  Ga kuat dia akan kegemezan-kegemezan yang ada disana.  Hahhahah. Tapi museumnya asli cute sih. Walaupun ga terlalu besar, tapi koleksinya lumayan banyak dan rapi.

Tips: di dalam museum Teddy Ville ini ga boleh ambil video ya buibu.

Paling excited dese

Harga Tiket Masuk

Sok ngiler duren, padahal aslinya ga suka🤣

Ini kaya maket gitu, kecil-kecil Teddy nya

Unik banget😍

Muka cemberut enzo karena minta keluar🤣

Setelah dari Teddy Ville Museum, kami sudah dijemput oleh driver Grab dan bersiap ke Bukit Bendera. Jadi Hari ini kami mau naik Funnicular Tram, yaitu kereta yang bentuk rel nya menanjak, sesuai dengan area perbukitan disana.

Tips: Berdasarkan research, kalau mau naik Funnicular Tram ini sebaiknya hindari weekend karena akan crowded banget, plus better beli ticket yang fast lane. Itu really worth the money karena menghindari antrian yang panjaaaaang banget. Here we go!

Bentuk Rel yang Menanjak

Bukit Bendera

Ini pas udah sampe diatas

Diatas nya ada semacam food court gitu. Banyak banget macem es2an yang menariiiiik😍

Selesai dari Bukit Bendera, kami lanjut lagi. Kali ini tujuan wisatanya untuk orang dewasanya dulu ya.  Mami sama papi mau liat-liat temple🤣 Wisata sejarah begini tujuannya juga memperkenalkan kepada anak-anak bahwa ada banyak kepercayaan dan kebudayaan yang ada di dunia ini.

Tips: kalo pas jelasin temple-temple ke anak-anak, sebaiknya sambil googling ya keterangan-keterangannya buibu. Jadi ga salah-salah. Jangan cuma dikira-kira🤣

Kwan Im Goddess Statue

Dhammikarama Burmese Temple

Sleeping Buddha
Kek Lok Si

Pose di patung

Tips: Oh iya di Penang ini cuacanya gilsssss, panas banget. Jadi pastikan deh anak-anak terhidrasi dengan baik.  Lengkapi juga peralatan perang seperti topi, sunblock, kacamata, payung, endebre-endebre biar ga gosong bok🤣

Wisata temple, checked! Berikutnya kami minta rekomendasi dari driver untuk wisata kuliner lokal. Jadi kami mengarah ke George Town untuk berburu. Mariiii!

Katanya ini kedai yang paling hits disini

Ini sejenis martabak tipker gitu

Fanas-fanas, es sih harus yah😅

Nah ini menu andalannya: char kweytiaw, es kacang merah, shrimp laksa, sama oyster omelette. Semuanya

Tips: untuk makanan selama di penang, kebanyakan kami makan di hotel, atau bisa juga pesan di grab food. Untuk amannya menu bagi anak-anak ya chinese food.

DAY 3

Sebenernya masih ada beberapa tempat yang pingin kami kunjungi, tapi karena disini panasnya amat sangat ga santai, gue sama papi kaya kena heat stroke gitu. Puyeng.  Dengan menimbang takutnya anak-anak juga kecapekan, hari ini kami memutuskan untuk santai-santai di hotel aja. Mau renang, main di pantai depan hotel, dan mau nyobain makan malem di mall sini.

Pertama kali ezaz ke pantai & langsung berani.  Yeayyyy!

Kaka elra gambar kepiting katanya

Karena pas kita mau ke mall makan, ujaaaaan gede banget.  Jadi gue ga punya foto or video apapun deh krn rempooooong bgt.  Kita makan di mall Gurney, makannya thai food, itupun lupa nama restonya.

DAY 4

Hari terakhir di Penang, ga ada aktifitas apa-apa lagi sih.  Cuma siap-siap ke airport. Hari terakhir ini kami udah ga sama si driver sewaan ya. Jadi ke airport pesen grab lagi. Well, itulah rangkuman jalan-jalan kami ke Penang kali ini. Walaupun panas, tapi pasti seru dong.  Terlebih lagi ini liburan pertama kami dengan pasukan 3 krucil ke luar negri.  Semoga bermanfaat ya.  Enjoy!