Wednesday, January 8, 2020

14d Japan Itinerary - kids friendly (part 1)

Suami Istri Super Happy di Disneyland🤣

Mi liburan ke Jepang yuk?

Tiba-tiba pas lagi tiduran malem-malem si papi ngomong.

Hah? Serius (gue balesinnya shock). Bukannya kenapa-napa gaesss, bocah masih kecil-kecil dan banyak pertimbangan juga kalo liburan jauh-jauh.

Berapa lama pi?

2 minggu.  Jawab si papi enteng.

Hah? Serius (kembali shock). Kira-kira survive ga ya gw momong anak 3 berdua doang ama si papi selama 2 minggu.

Nanti kucari tiketnya.  Si papi ngomong lagi.

Kira-kira begitulah asal usul kami liburan ke Jepang.  Karena kami pergi kemana-mana ga pernah ikut tour, mulailah gue browsing tujuan-tujuan yang mau kami kunjungi selama 2 minggu disana. Tugasnya papi nyari tiketnya.

Ok untuk post ini kami mulai step by step nya ya apa yang kami persiapkan dulu.

1.  Papi cari tiket di website ANA https://www.ana.co.jp/en/id  dan beginilah flight schedule kami:

Untuk harga yang kami dapatkan waktu itu adalah sbb:
Dewasa IDR 7.324.000/org, Anak-anak IDR 5.895.000/org, Baby IDR 546.000.

Alasannya kenapa papi milih berangkatnya ke Haneda adalah biar menuju tokyo nya lebih cepat.  Dan kenapa pulangnya lewat Narita, karena biar gue tau.  Hahahha.  Alasan yang aneh ya pemirsa.

2. Bikin visa di HIS Travel. Per orang kena IDR 660.000 untuk visa Jepang yang single entry. Prosesnya 10 hari kerja.  Ga perlu hadir untuk foto dsb, cukup serahin berkasnya ke mereka dan duduk manis. Baca selengkapnya : https://www.his-travel.co.id/visa/visa-jepang

3. Beli tiket Japan Rail Pass.  Kami beli yang untuk seluruh jepang.  Dengan durasi 1 minggu.  Untuk tiket JR Pass ini, ada beberapa pilihan ya. Tergantung kalian mau menjelajahi Jepang bagian mana.  Jadi disesuaikan. Fungsi JR pass ini untuk naik bullet train (shinkansen) dan kereta-kereta dalam JR line.  JR pass ini tujuannya agar lebih hemat, karena JR Pass memang dikhususkan untuk foreigner yang ingin melancong ke jepang. Dan hanya bisa dibeli diluar jepang. Kalo beli tiket kereta JR nya eceran di jepang bisa, misal tiap nau naik kerete baru beli, tapi jatohnya bakalan mahal.  Mending sekalian beli JR pass ini. Karena kami beli yang untuk seminggu, jadi kami baru akan aktifin tiketnya ketika kami akan pergi ke Osaka. Ketika awal-awal masih di Tokyo, masih pakai Pasmo Card, kartu untuk naik kereta lokalnya seperti KRL disini.

Harga JR Pass seminggu itu IDR 3.800.000 untuk dewasa. Untuk anak-anak diatas 4 tahun harga tiketnya 50% dari harga tiket dewasa jadi IDR 1.900.000. JR Pass ini juga beli di HIS Travel.

4. Beli tiket tempat-tempat yang mau dikunjungi. Yang kami beli di HIS travel itu antara lain:

A. Tiket Disneyland : JPY 7500 (dewasa) JPY 4900 (anak diatas 4th)
B.  Tiket Disneysea : JPY 7500 (dewasa) JPY 4900 (anak diatas 4th)
C. Tiket Universal: JPY 7800 (dewasa) JPY 5400 (anak diatas 4th)
D. Tiket Sanrio Puroland : JPY 3300 (dewasa) JPY 2500 (anak diatas 3th)

Untuk tiket ABC itu fixed date ya.  Jadi tentuin dulu mau mainnya tanggal berapa.  Karena tiap tanggal itu beda harganya.  Untuk tiket D open date.  Semua tiket ini berupa bar code yang nantinya harus discan di tempat hiburannya pas mau masuk.

5.  Browsing apartment di airbnb.com . Mengingat kami pergi rombongan dan kamar hotel di jepang itu kecil-kecil dan kalo bawa anak-anak yang masih suka lari-larian bakalan kesian, dan juga kami cari yang ada mesin cuci.  Karena kami hanya bawa 5 pasang baju, 2 jaket, 3 baju tidur.  Jadi harus cuci baju setiap 3hari sekali.  Tujuannya agar koper yang dibawa tidak terlalu banyak, karena kami bawa stroller 2.  Disamping itu, harga airbnb itu lumayan bersaing.  Jadi kami bisa mendapatkan harga lebih murah dari hotel.

A. Airbnb area tsukiji JPY 90.133 (6d)
B. Airbnb area osaka JPY 85.927 (5d)
C. Airbnb area shibuya JPY 56.580 (3d)

6. Tukar uang JPY untuk biaya makan dan sehari-hari disana.

Tips: selalu siapkan USD sebagai dana darurat cadangan. In case JPY kalian habis, atau ada hal-hal diluar plan yang terjadi.
Sebagai perkiraan untuk biaya makan di jepang, kami (2dewasa, 3 anak, untuk makanan biasa ya yang standar, habis sekitar IDR 600.000 sekali makan.

7. Untuk yang bepergian bersama anak kecil, siapkan peralatan tempur seperti :

A. bantal leher

B. penyumbat telinga agar anak tidak kesakitan karena tekanan udara.
Browsing, keyword: babybanz earmuff

C. Untuk yang naik pesawat kelas ekonomi, bawa penyangga kaki agar kaki anak tidak menggantung.  Karena untuk flight yang lama, mereka jadi bisa meluruskan kaki sehingga mencegah semutan.  Gue bawa penyangga kaki yang model tiup.  Jadi bisa dikempesin pas ga dipake dan ditaro tas.  Ringkes. Browsing, keyword : ultima flight buddy

Enzo tidur nyaman dengan peralatan tempurnya

D. Obat-obatan sehari-hari, seperti: obat demam, obat pilek, obat batuk, obat pencernaan (interlac), obat mual/muntah, vitamin, minyak-minyakan, plester luka, betadine, obat mata, bye bye fever, koyo pusar (ini lumayan ngaruh buat dipakein di anak-anak pas long flight, pas main ke tempat hiburan, pas outdoor tempat yang berangin / dingin.  Untuk yang anaknya seperti enzo, pernah ada riwayat kejang, jangan lupa bawa obat kejangnya.  Untuk obat keras seperti itu, harus bawa surat keterangan dari dokternya ya.  Termometer juga jangan lupa ya buibu.

E. Download video/musik kesukaan anak di gadget.  In case anak cranky, bisa
dijadiin alternatif solusi.

F. Bawa mainan favorit anak untuk mengisi waktu di pesawat.  Bawa mainan sebaiknya yang seperti activity play, bisa buku gambar dan krayon, kertas origami, busy book, etc.

G. Bawa snack kesukaan anak untuk selama di pesawat.
Tips: sebaiknya pesan menu kids / baby meal di pesawat.  Karena anak-anak akan semangat makannya.  Terlebih lagi banyak cemilan-cemilan khusus anak yang akan disajikan.

Baby Meal untuk ezaz

8. Browsing prakiraan cuaca di: accuweather.com untuk menyesuaikan pakaian apa yang akan dibawa.

9.  Bagi yang bawa baby, jangan lupa bawa gendongan ya buibu.  Sesuaikan tipe gendongan dengan kenyamanan favorit ibu-ibu.  Kalo dari pengalaman gue, pas ke HK dulu gue bawa ergobaby 360

Tapi menurut gue, kalo gue pake kelamaan seharian gitu, pinggang belakang gue mak sakit banget.  Dan juga dia kan bulky banget, jadi makan tempat banget kalo dilipet.  Terus minusnya lagi, makenya ribet ya mak, jadi kalo disaat perlu lepas-pasang-lepas, duh rempessss.  Nah setelah gw trial, gue cocoknya pake model geos gitu.  Ringkes. Dan walaupun cuma bertumpu di satu pundak, gue kok ngerasanya enak-enak aja.  Jadi pastikan ya preferensi gendongan ternyaman kalian. Kalo buibu juga sukanya pake geos, bawa spare ya.  Gue bawa 3 selama perjalanan ini.

Geos yang gue pake

10. Stroller.  Nah ini penting banget ya buat yang bawa bocah.  Apalagi kami bawa 3 bocah.  Jadi stroller yang kami bawa 2. 22nya cabin size.  Kami bawa pockit.  Alasannya hampir sama kaya si geos.  Ringkes.  Mengingat di jepang ini, ga semua stasiun kereta bisa ketemu liftnya.  Jadi yang namanya gotong-gotong stroller berisikan anak di dalamnya, merupakan hal biasa.  Ga kebayang deh kalo bawa stroller yang segede gaban🤣.

Olahraga gotong stroller🤣
11. Sewa pocket wifi di HIS travel untuk 2 minggu dengan unlimited kuota IDR 800.000.

Yuk langsung aja lihat itinerary kami selama di Jepang.

DAY 1, Sabtu 16 November 2019

Alhamdulillah sampe

Sore kami sampai di Haneda. Ada perubahan personil, mama gue memutuskan untuk ikut di detik-detik terakhir.  Jadi lumayan nih ada tenaga tambahan.  Eh🤣

Awalnya kami ingin memanfaatkan jasa kirim koper ke apartment airbnb kami, biar ga ribet geret-geret koper di kereta.   Tapi ternyata, setelah ke tempat jasa kirim koper yang ada di airport, jadwal sampainya koper kami adalah besok sore di apartment.  Dan itu harus standby, karena tidak ada jam pastinya.  Waduuuh suseee juga mak.  Masa kami jadi ga bisa kemana-mana gara-gara urusan nunggu koper dateng. Jadinya yauda deh cus aja kita geret koper.

Tempat kirim koper

Ada 4 koper yg kita bawa.  2 koper besar, 1 koper sedang, 1 koper hand carry.  Sebenernya di 2 koper  besarpun bawaan kami masih cukup banget.  Tapi karena maskapai ANA punya batasan dimensi koper yang ga terlalu besar, dan masing-masing koper maksimal beratnya 23kg, terpaksa bawaan kami bagi ke 4 koper.

Tips: sebaiknya cek ya dengan teliti batasan dimensi dan berat koper untuk checked baggage maskapai kalian. Karena tiap maskapai itu beda-beda rules nya.  Daripada nanti di airport sibuk bongkar koper, lebih baik make sure dulu.

Stroller 2 biji milik kami terpaksa ga bisa digunakan dulu. Karena papi, gue, mama, dan elra masing-masing geret koper.  Gue sambil gendong ezaz.  Enzo jalan sama mama.

Pas di airport jangan lupa untuk beli kartu Pasmo, yang digunakan untuk naik kereta selain Shinkansen, bisa juga untuk naik bus, bahkan untuk jajan di mini market juga bisa.  Kemarin itu kami total isi pasmo card untuk 14 hari sekitar JPY 40.000 buat gue, papi, enin, elra.  Kalo usia elra (6th) harga tiket keretanya 50% dari harga dewasa.

Pasmo Card

Sampe di apartment kami di area tsukiji itu uda malem ya sekitar jam 8.  Jadi kami langsung taro koper, dan keluar lagi cari makanan deket apartment. Abis itu langsung balik apartment lagi buat istirahat.

DAY 2, Minggu 17 November 2019

Hari ini kami mau muter-muter di area Ameyoko dan Ueno.  Ameyoko street itu merupakan street market, yang pasti seru buat dijelajahi sambil jajan dan berburu souvenir.

Tips: kalo di pasar nemu souvenir lucu dan harganya realistis alias cukup terjangkau, sebaiknya beli aja.  Dari pengalaman yang udah-udah, kalo liat souvenir lucu terus dalem ati bilangnya belinya nanti lagi deh, nanti pulang juga lewat sini.  Atau nanti juga di toko lain ketemu lagi, selalu ya gaesss zonk.  Either ga lewat situ lagi, atau ga nemu yang jual itu lagi.

Tujuan awalnya ke Ueno itu karena kami mau lihat secara langsung masyarakat jepang kalo hari minggu ngumpul jalan-jalan di taman tuh gimana sih🤣 Dan juga kami mau liat tamannya yang warna warni karena sudah masuk autumn.  Plus juga mau ke Ueno Zoo.  Tapi sayang banget, antrian si Ueno Zoo ini ramenya bukan kepalang. Jadi kami terpaksa cancel masuk zoo nya.

Ueno Map

Ueno Park ini guedeeee banget gaess, areanya juga banyak. Jadi lihat dulu maps nya biar lebih jelas.

Bazar Ikan di Ueno
Elra dan Enin di Ameyoko Street Market
Enzo mirip orang jepang ga?🤣

Kalo jalan-jalan ke jepang, udah pasti dong nemu vending machine dimana-mana. Nahhh anak-anak itu paling suka jajan di vending machine.  So let’s have a vending machine experience too at Ueno.

Setelah dari Ueno, kami lanjut ke Senso-ji Temple. Waaaah ini sih bener-bener penuhhhh pol temple nya.  Selain wisata temple nya, jangan lupa ya jajan-jajan di street market sekitarnya.

Senso-ji Temple with mom

Melon Pan yang antriiiii banget

Anak-anak diajakin foto begini ga mau😌
Abis dari Senso-ji temple, kami rencananya mau naik river cruise.  Tapi apa daya anak-anak semuanya tiduuuur. Jadinya cuma foto aja deh disekitar port nya.  Lumayan lah ya ke capture tokyo sky tree nya dari Sumida River🤣

Sumber: japan-guide.com

Sumida River

Lanjut lagi perjalanan ke area Ginza. Kami mau ke Hakuhinkan Toy Store.  Ini sih surganya anak-anak. 3 lantai isinya mainan semua. Dijamin ga mau keluar deh🤣.
Tips: kalo traveling bawa anak kecil, usahain mampir ke toko mainan tiap beberapa hari sekali.  Beli mainan baru. Ga mesti mahal.  Mainan baru itu berjasa banget dalam mendongkrak mood anak-anak kecil selama liburan jadi lebih happy dan less cranky. Try it!

Hakuhinkan

Di Ginza ini areanya toko dengan brand-brand mahil. Jadi siap-siap kantong jebol ya kalo mau belanja disini🤣 Tapi tenang, masih ada toko uniqlo sama GU kok disini buat pelipur lara🤣

Car Free Day at Ginza

DAY 3, Senin 18 November 2019

Nah hari ini harus siap-siap pegel pemirsah. Soalnya mau walking tour.  Alias muter-muter jalan kaki di tempat wisata yang areanya berdekatan.

Destinasi pertama adalah Tokyo Station. Tokyo station ini dalemnya guedeeeee banget yaaa.  Bisa banget kalo mau eksplore seharian.

Tokyo Station

Abis dari Tokyo Station, kami menuju Imperial Palace. Oh iya hari senin Imperial Palace ini tutup ya.  Jadi ga bisa masuk ke bagian gardennya.  Tapi karena jadwal kami udah disusun begini, lagipula Imperial Palace nya pun masih bisa kelihatan dari luar, jadi kami tetep kesana.

Abis capek-capek jalan kaki dari Imperial Palace, di sebrangnya ada Hibiya Park. Dimana kami bisa duduk-duduk ngadem, minum dan makan snack.  Di taman-taman seperti ini di Jepang, banyak loh kami lihat orang berpakaian kerja rapi, duduk sambil tidur istirahat.

Hibiya Park

Setelah santai di Hibiya Park, gue minta anter papi buat ke donquijote (donqi). Duh ini sih kesenengannya mami buat belanja ini itu. Dari mulai koyo, masker, dan barang-barang perintilan yang unik-unik.

Donquijote

Udah sore tapi belum mau pulang, terus ngapain dong? Ya naik bus tour aja.  Lumayan loh kalo naik bus tour ini, tinggal duduk manis, bisa liat beberapa landmark beken di tokyo.  Ada earphone nya juga ya untuk penjelasan tour dalam bahasa inggris.  Cuma sayang, suara di earphone itu jadi sama sekali ga kedengeran karena mba-mba tour jepang nya suaranya maaaak gede amat.

Tips: Kami request duduk di seat depan yang ketutup, soalnya takut masuk angin bawa bayi kalo bener-bener kebuka.  Request seat ini kami minta saat beli tiket di counter.  Berhubung kami pembeli pertama, jadi seatnya masih available.  Kalo orang-orang dewasa bisa duduk di belakang, dikasih selimut kalo takut kedinginan.

Siap-siap sebelum jalan

Untuk lebih jelasnya bisa klik skyhopbus.com . Kemarin kami naik yang blue course.   Rutenya: Tokyo Tower, Tokyo Teleport Station, Tsukiji and Ginza. Untuk rate nya: dewasa JPY 3600, anak-anak JPY 1800.

Day 4, Selasa 19 November 2019

Hari ini saatnya main di theme park.  Pastinya yang pertama adalah ke Disneyland ya. Duh ini tuh yang paling happy maminya. Bukan kenapa-kenapa ya, gue itu sukaaaaa banget naik wahana-wahana dari jaman muda.  Dan ketika uda punya anak, otomatis kan stop dong sementara kesukaan mami ini. Lagi ke Disneyland HK pun, ya ampun naik permainannya cuma dikit banget.

Nah alhamdulillah banget nih pas di Disneyland akhirnyaaaa bisa main lumayan banyak.

Tips: untuk yang ke disneyland sama anak kecil dan bingung wahananya apa aja yah yang bisa dinaikin? Nih ada bocorannya untuk enjoying tokyo disneyland with young children : https://www.tokyodisneyresort.jp/en/tdr/guide/child-tdl.html . Kemarin sih gue ngikutin rute ini ya.  Dan jadi lumayan terarah, terus banyak permainan yg dicoba.

Happy Place on earth

Sayang cinderella castle nya lagi renovasi

Untuk yang bawa baby kaya ezaz mending dipakein kupluknya macem beanie hats gini.  Ga lepas-lepas terus dan ketutup semua kupingnya.

Tips: kalo lagi jalan-jalan di theme park kan suka keasyikan main, sebaiknya pasang alarm untuk jam-jam makan.  Biar anak-anak ga kelaperan, dan ga jatuh sakit. Pas selesai makan juga biasain semua diajak ke toilet untuk pipis, yang baby juga sekalian diganti pampers.

Kami di Disneyland dari pagi hingga malam.  Puas banget😍

DAY 5, Rabu 20 November 2019

Another theme park day.  Yaaaa hari ini kami berkunjung ke Disneysea.  Ini masih satu area dengan disneyland, tapi posisi disneysea ini udah di pojok dekat laut. Jadiiiiiii, siap-siap yah anginnya itu super kenceng.  Walaupun misalnya suhunya ga terlalu dingin, karena anginnya badai banget, jadi dingiiin. Kaya waktu gue kesana, suhu sebenernya adalah 16 derajat, tapi dibilangnya suhu akan terasa seperti 9 derajat. Dan itu bener banget siiiih.  Siapin pakaian yang lebih hangat dari yang dipakai di Disneyland.

Tips: Untuk yang bawa stroller baby, selimut dengan klip pengait akan berguna sekali disini.  Lumayan menghadang angin dingin.

Tokyo Disneysea

Di information board ini tercantum lama antrian per permainan. Jadi bisa dikira-kira mana yang antrian ga begitu lama

Keren banget sih emang Disneysea ini
Dari segi permainan-permainan yang ada, Tokyo Disneyland memang lebih sesuai bagi anak-anak kecil dibandingkan dengan Tokyo Disneysea.  Dari segi arsitektur, layout, juga kekerenan, Disneysea sih juara banget.

Fyi, pulang-pulang dari disneysea, ezaz badannya anget.  Mami langsung gercep pasangin koyo puser malemnya.  Alhamdulillah pas besok siangnya uda normal lagi.

Penampakan koyo pusar.  Sumber: Google.com

DAY 6, Kamis, 21 November 2019

Hari ini waktunya jalan-jalan agak santai setelah 2 hari full main di theme park kemarin. Capek gaess🤣. Hari ini mau ke daerah Shibuya.  Mau makan, belanja belenji, cuci mata aja.  Pertama sampe di shibuya, kita foto dulu sama hachiko, si patung anjing yang famous.  Antri dulu yaaaa.

Hachiko

Info Hachiko. Sumber: Google.com

Setelah itu mami mau ke Shibuya Crossing.  Tapi karena penuuuuh banget, usaha foto berkali-kali ga ada yang bagus🤣 Jadi video aja yaaaah.

Habis muter-muter kami habiskan waktu dengan makan steak, belanja-belanja dan pastinya jajan-jajan☺️

Enin juga happy diajak jajan steak🤣

Berburu diskonan akhir tahun

Cemal cemil

Sobat boba🤣

Itulah itinerary kami di Tokyo selama 6 hari.  Besok kami akan lanjut ke Osaka, Kyoto, dan kembali lagi ke Tokyo sebelum pulang. Jadi ceritanya bersambung yaaa di part 2. Semoga bermanfaat ya bagi buibu yang mau jalan-jalan ke Jepang bawa rombongan bocah😁