Thursday, May 4, 2023

Rafting dan Wisata Offroad di Pangalengan


Team Lebaran ga pulang kampung mana suaranyaaaa????

Kami lebaran muter-muter dalam kota aja silaturahminya. Terus pas udah hari ke sekian, selesai silaturahmi, tapiii anak-anak masih libur panjang, pasti doooong timbul KEGELISAHANšŸ¤£

Anak-anak mulai mati gaya, internet pun sudah ga bisa menolong karena mereka uda jenuh kan, timbulah pertanyaan, kemana kita mi liburan? Oh nooo, pertanyaan horror bagi orang tua yang emang sukanya planning dadakan macem tahu bulat begini. 



Barulah dibicarakan dengan ketua padepokan, alias papi, untuk mengetahui berapa kira-kira dana tuslah liburan yang availablešŸ¤£ Pastiii dong kaum mendang mending kaya kami, penuh perhitungan.

Ok karena si papi ga ada cuti, kami jalan sabtu pagi dan  kembali selasa siang. Ngikut libur normal tanggal merah aja. Karena waktu yang terbatas, plus juga tanpa persiapan booking ini ono, jadi pilihan mengerucut cuma bisa wilayah deket-deket seperti Bogor atau Bandung. 

Setelah rapat paripurna dalam waktu semalam, kami memutuskan liburan setitik ini temanya adalah nature & adventure. Biar lebih berkesan bagi anak-anak. Kami mau coba sesuatu yang baru dan belum pernah. Kami mau camping aja. Kalo glamping kan mereka udah pernah, tapi kalo camping yang beneran juga kami ga punya alat-alatnya, mau sewa udah tinggal besok juga jalannya. Yaudah pilih tengah-tengah, semi-Camping aja. Browsing-browing, plus dapet luck ada bookingan orang yang belum DP, kami dapat slot di Palayangan Asri Riverside (mereka terkenalnya di warga lokal dengan sebutan PARis), Pangalengan. Jujur konsep mereka menarik sih, camping ga di tanah, ada deck nya, terus lokasinya persis di depan sungai. Uwow bangetšŸ˜

Gue dong mau semi-Camping aja ribetnya udah kaya gimana tau. Gue takut disana sikonnya ga sesuai foto ataupun klaimnya loh, dari segi kebersihan dan kenyamanannya. Yaudalah gue segala bawa sleeping bag, seprei, sarung bantal, lampu tambahan takutnya gelap, makanan sekontainer, endebre-endebre. Daripada gue ga bisa tidur kan atau kelaperan tau-tau.


PANGALENGAN

Berangkatlah dari Bintaro jam 6.20 pagi, lalin lancar alhamdulillah. Sampai Pangalengan around 4 jam. Karena belum waktu check in (14.00), kami keliling dulu ke Nimo Highland. Sistemnya naik macem angkot dari parkiran keatas, nah diatas ada flying fox, spot-spot foto, stall-stall makanan dan minuman, gitu-gitu. Enak sih adem boook. 

Harga Tiket

Angkot situesyen


Angkot

Spot selfienya kaya jembatan muter gitu

Di Nimo, kakak sama papi naik flying fox. Per orangnya IDR 60k. 




Flying foxnya lumayan tinggi dan panjang ridenya, adem plus ijo-ijo viewnya. Nice. Selain naik flying fox, kami sempet cemal-cemil plus foto-foto juga di spot lain.



Perjuangan banget ini foto diatas tambangšŸ¤£

                       Viewnya Masha Allah

Karena waktu sudah mendekati jam 14.00, jadi kami langsung cabut dari Nimo menuju kemah  

Sesampainya di PARis, kami diarahkan untuk parkir valet (alhamdulillah aman, walaupun sistem mepet-mepetan karena lahan parkir terbatas). Parkir ini juga sudah free ya. Setelah itu kami disediakan porter untuk angkut barang-barang. Dari parkiran sekitar 100m jalan kaki menuju area kemah.

Kami menempati deck no. 5, lokasinya strategis, ke toilet ga jauh, dari pintu masuk juga deket, didepan aliran sungai persis juga. Sampai langsung inspeksi, alhamdulillah bersih tendanya, seprei, bantal, sleepingbag juga bersih, ga lembab apek.


                               Room TouršŸ¤£

Kami belum lunch, jadi pesan lunch di PARis, nasi liwet 30ribu sekotak dan diantar ke kemah. Selesai makan, kami langsung siap-siap. Ngapain sihhhhh???? Engingeng…… kami mau rafting. Omo omo gue yang uda ga sabar, excited banget. Ini pengalaman pertama juga bagi anak-anak.

     
Pas makan, anak-anak udah ga sabar karena lihatin orang lain lalu lalang rafting dari kemah. 

Naik mobil menuju start point rafting

Sebelum memutuskan rafting, kami konsul dulu ya mengenai safety untuk bocil-bocil gimana. Karena ternyata peraturan minimal yang boleh rafting itu 10tahun. Kalo lebih kecil dari itu juga bisa minimal 4tahun, tapi mereka baru bisa naik perahunya, setelah di jeram yang kategori aman bagi anak kecil. Jadi mereka harus jalan kaki terlebih dahulu dari start point (dimana di awal-awal start itu jeramnya ekstrim dan tidak boleh untuk anak kecil dibawah 10tahun). Untuk enzo dan ezaz yang berumur 7 dan 4, kami juga bawa helm sendiri yang pas ukurannya bagi kepala mereka. Bener aja ternyata helm paling kecil itu cuma pas di elra (9tahun). Dari lokasi kemah, kami naik mobil dulu menuju start point. Perjalanan sekitar 5 menit. 

Ketika di start point, gue sama papi antri dulu nunggu giliran naik perahu, nah anak-anak sudah diboyong sama guide nya untuk jalan kali duluan ke point aman, dimana mereka bisa naik. 

Anak-anak gw diboyong dulu

Suami istri ngantri dulu

Bener aja gaesss, awal-awal itu jeramnyaaaa SERU PARAH. Setelah kami jalan dan melewati jeram-jeram parah, sampailah di point aman dan itu bocil-bocil juga pas timingnya mereka sudah sampai dan siap naik perahu. Setelah mereka masuk dan di briefing cara aba-aba mas yang kendarain perahu, baru deh kami jalan. Omg asliiiii seru abis. Anak-anak juga happy sama pengalaman rafting mereka pertama kali. Mas nya juga sangat safety sih, kayanya memang sudah terbiasa handling bocah yang ikut rafting. Plus crew dari PARis juga profesional karena ada yang standby di spot-spot untuk fotoin pakai hp kami. 


                             SERU ABISSSSS




Mukeee happy selesai rafting

Setelah selesai rafting, balik lagi ke kemah, anak-anak mandi dulu bilasan. Di PARis ini toiletnya ada banyak dan ada air panasnya. Abis selesai mandi, siap-siap masak shabu-shabu ronde 1, popmie ronde 2šŸ¤£

Suasana PARis di malam hari juga ga serem blas yaaa, karena terang semua lampu-lampunya.  


Terang kannnn di belakang itu

Terus gimana sih situasi tidur di kemah pas malem? Alhamdulillah semua aman terkendali. Kami bawa lampu cadangan kan, jadi kami pakai di area kamar, jadi terang. Untuk suhu pas malam sebelum tidur sekitar 17derajat. Tapi menjelang subuh, memang suhu lebih dingin, jadi anak-anak sebaiknya pas tidur dipakaikan jaket dan kaos kaki, just in case selimutnya ditendang ga mau dipakešŸ¤£

Keliatan kaaaan happy banget sama new experience nya☺️

Pulezzzz semua

Paginya kami dapat sarapan nasi goreng-telur-kerupuk. Anak-anak dibangunin dan sarapan, terus SIAP SIAP lagi. Next adventure telah menunggu gaesssšŸ¤£

Jam 08.30 kami start untuk offroad. Anak-anak selalu suka naik jeep untuk offroad. Kemanapun yang ada jeep ride, pasti kami sempetin join.

Siap-siap berangkat jeepnya







Viewnya sebelum ugal-ugalan masuk jalur offroadšŸ¤£





Asli ya ini pas dijalur becek air ini, KACAU BRUTAL banget. Gw sama anak-anak sempet beberapa kali jatuh dari seatnya. Well tapi ga kenapa-kenapa. Jadi sebaiknya memang selalu pegangan erat sih jangan lengah. 

Offroad ini memakan waktu 2-3 jam, tergantung customernya kalo mau berhenti untuk foto-foto banyak, pasti akan lebih lama waktunya. 

Sibuk masing-masing, ada yg foto, ada yg main kayu, ada yang lihat hewanšŸ¤£


Pengantin lawas difotoin bocahšŸ¤£


Setelah beres offroad, kami kembali lagi ke kemah untuk siap-siap check out. Tapi sebelumnya jajan gorengan dulu sama bikin mie instant + telor, panggang sosis juga, hasil perbekalan.  

Tips: untuk kegiatan rafting dan offroad bersama anak kecil, lebih baik dibicarakan terlebih dahulu dengan pihak management. Kembali lagi semua kebijakan orang tua masing-masing yang pastinya lebih mengenal dan memahami kesiapan fisik maupun mental anak-anaknya. Begitu pula untuk lokasi camping yg berada persis dipinggir sungai berarus deras, sebaiknya tidak membawa anak yang terlalu kecil yang belum mengerti arahan/safety briefing. Pengawasan orang tua sepanjang waktu sangat dibutuhkan. 

Untuk yang tertarik camping seperti kami, bisa cek info PARis di Palayangan Asri Riverside . So far pelayanan mereka memuaskan baik dari service maupun fasilitas.


PUNTANG

Karena area Pangalengan sudah dijelajahi, selanjutnya kami pindah ke area Puntang. Baru pernah menjelajahi Puntang ya sekali ini. Karena sudah puas adventure heboh-heboh, kami mau santai-santai leyeh-leyeh aja di part Puntang ini. 

Browsing langsung saat itu juga dan berniat go show aja langsung. Karena dari pengalaman kami, kalo hotel-hotel non-chain, fotonya sering banget beda sama aslinya. Nah daripada ga sesuai ekspektasi, mending langsung lihat. 

Setelah perjalanan ke Puntang, sampailah kami di Ubud. Loh kok Ubud sih? Hahahhahah. Abis view sama vibes nya berasa Ubud banget gaesss. Zen bangetttt. Yah tapi versi ramah kantongšŸ¤£







Nama tempatnya adalah Sari Puntang. Mereka ini adalah restaurant sunda plus ada penginapannya yang mereka sebut bergaya eco-lodge. Asli yaaa, ini tempat tuh beyond expectation banget. Walaupun kayu-kayu, batu-batu dan alam-alam, tapi bersih terawat banget. Ga jorok lembab apek gitu. Kamarnya juga wangi, sepreinya beraih, kasurnya ukuran 200x200. Legaaaa. Kamar mandi juga bersih. Air hangat kenceeeng.  

Kalo nginep disini akan daper breakfast ala carte, tapi tipe serius lohhh, bukan yang asal ada. Saat itu kami dapat mie goreng-telor-sosis (sosisnya bukan yang curah gitu ya), bubur kacang ijo-ketan item, semangka-mangga, kue jajan pasar, teh hangat. 

Breakfast with a viewšŸ˜


Untuk fasilitas memang tidak ada pool yah, mereka ada kolam ikan yang luas, anak-anak bisa kasih makan juga. Jadi disini memang lebih tepatnya ya untuk leteh-leyeh tidur nikmati pemandangan, santai gitu. Gue duduk di hammock nya malem-malem, sambil nikmatin keheningan, BEST BANGET. Ga ada tuh serem-serem spooky. Lampunya memadai banget.

Ada spot api unggun juga disetiap kamar. Kalau sore atau malem laper, bisa pesan makan di resto nanti diantar ke kamar. 


Cakeppp banget kannn??? Itu anak-anak gue pada lari-larian happy keliling-keliling. Disangka enzo itu adalah pool, dia bilang kotor. Padahal itu kolam ikanšŸ¤£ Terus yang kecenya lagi, view kamar itu depan belakang alam. Jadi suegeeeeer.  

Sebenarnya kami pas di Puntang sempat menjelajah ke Taman Wisata Bougenville, tapi ga ambil foto euy, karena menurut kami ya foto-fotonya bisa dilihat di IG mereka. Kami juga disana tidak melakukan aktivitas apapun, hanya berkeliling olahraga. Disini ada the famous Mooi Lake itu. 

Info mengenai Sari Puntang: Sari Puntang
Info mengenai Taman Wisata Bougenville: Taman Wisata Bougenville

Sebelum pulang, foto dulu. Tapi si bontot mukeeee ngambek karena ga mau pulangšŸ¤£



Tips: Disini jauh minimarket, jadi better bawa stock camilan kalo yang doyan ngemil. Kami waktu nanya dimana minimarket terdekat, dijawabnya: itu deket makam Eril lohšŸ˜… (yang ternyata ga begitu dekat sodara-sodara)

Semoga bisa bermanfaat yaaaa untuk menambah destinasi liburan selanjutnya. Terima kasih telah membaca gaesss!



No comments:

Post a Comment

Rafting dan Wisata Offroad di Pangalengan

Team Lebaran ga pulang kampung mana suaranyaaaa???? Kami lebaran muter-muter dalam kota aja silaturahminya. Terus pas udah hari ke sekian, s...